4 Tips Agar Cilok Bulat dan Matang Sempurna Didalam

Posted on

BERITASIK – Cilok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji kemudian diisi daging atau telur dan dibentuk bulat-bulat kemudian direbus. Rasanya gurih dan lebih nikmat apalagi ditambah dengan sambal.

Biasanya beberapa orang ketika membuat cilok di dalamnya tidak matang dengan sempurna, sehingga masih ada tepung-tepung yang terasa belum masak.

Di artikel atau postingan kali ini tentang “4 Tips Agar Cilok Bulat dan Matang Sempurna Didalam” yang mudah. Semoga bisa membantu ibu-ibu atau teman-teman yang ingin membuat cilok agar matang di dalam.

Berikut ini adalah tips membuat cilok agar bulat dan matang sempurna di dalam.

1. Perhatikan bahan pembuatan cilok

Jika kalian belum tahu, bahan mutlak pembuatan cilok merupakan tepung tapioka/kanji serta tepung terigu. Agar menghasilkan cilok dengan kekenyalan yg pas, takaran kedua tepung tersebut wajib pas. Jika kalian ingin cilok yg kenyal, kalian dapat menggunakan rasio 1:1. 

Tapi apabila kalian ingin cilok yg lebih empuk, kurangi takaran tepung kanjinya serta perbanyak tepung terigu.

Agar rasa cilok terus nikmat, pastikan juga tepung yg kalian gunakan tetap baru serta berkualitas baik

2. Tuang air panas sedikit demi sedikit

Poin kedua ini terdengar sepele, tapi sebetulnya sangat penting dalam keberhasilan membikin cilok. Setelah tepung, bumbu, serta bawang daun (opsional) tercampur rata, jangan sempat menuangkan air panas sekaligus. Karena apabila kalian menuang air terlalu banyak, adonan akan menjadi terlalu encer, lengket di tangan, serta sulit untuk dibentuk.

Jadi pastikan kalian menuang air panas sedikit demi sedikit saja, aduk perlahan dengan spatula, lalu stop menambahkan air dikala adonan telah dapat dipulung alias tak lengket, serta dapat dibentuk lingkaran dengan mudah.

3. Rebus bahan isian cilok terlebih dahulu

Jika kalian ingin menambahkan isi semacam irisan daging, gajih/lemak, alias sosis pada cilok, pastikan kalian merebus isian tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan semua tahap cilok telah sangatlah matang dikala dimakan.

4. Angkat cilok dikala telah mengambang ke permukaan panci

Agar cilok dapat matang dengan tepat serta teksturnya keren (tidak lembek), pastikan kalian mulai merebus cilok dikala air dalam panci telah mendidih. Hal tersebut berfungsi supaya cilok tak terlalu lama berada dalam air, yg akan menyebabkan cilok menjadi lembek.

Setelah semua adonan cilok mengambang ke permukaan air, tunggu selagi tak lebih lebih 10 menit untuk memastikan cilok sangatlah matang hingga ke tahap tengahnya, lalu angkat serta tiriskan airnya.

Itulah tadi tips membuat cilok agar bulat dan matang sempurna di dalam. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu untuk teman-teman atau ibu-ibu yang membutuhkan informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *