5 Tips Sederhana Ini Bikin Ayam Goreng Tepung Menjadi Lebih Renyah dan Gurih

Posted on

BERITASIK – Ketika kita membuat ayam goreng tepung, biasanya ayamnya menjadi tidak krispi atau renyah dan tidak gurih. Tetapi, kalian tidak perlu khawatir karena ada tips sederhana yang bisa dicoba.

Di artikel atau postingan kali ini tentang “5 Tips Sederhana Ini Bikin Ayam Goreng Tepung Menjadi Lebih Renyah dan Gurih” yang mudah. Semoga bisa membantu ibu-ibu atau teman-teman yang ingin membuat ayam goreng yang renyah dan gurih.

Berikut ini adalah tips membuat ayam goreng yang renyah dan gurih yang mudah lengkap dengan cara-caranya. 

1. Marinasi Ayam dengan Baik supaya Bumbu Meresap 

Sebelum memastikan kerenyahan kulit ayam goreng tepung yg Ibu bikin, pastikan rasanya lezat. Jadi, Ibu butuh marinasi daging ayamnya terlebih dulu supaya nggak hanya lezat kulitnya, tapi juga dagingnya.

Caranya, rendam ayam dalam campuran bawang merah dan bawang putih halus, dan penyedap rasa ayam selagi 15-30 menit.

2. Manfaatkan Air Es sebagai Bahan Adonan

Tips kedua yg dapat Ibu terapkan merupakan memakai air es sebagai bahan adonan. Caranya, siapkan tepung secukupnya dalam satu wadah, tambahkan bumbu penyedap rasa ayam, kemudian aduk rata. Setelah itu, bagi adonan ke dalam dua wadah, yaitu untuk adonan cair dan kering. Nah, air es ini ditambahkan ke dalam bahan adonan cair, Bu. Kenapa butuh pakai air es? Alasannya, terus dingin suhu air yg digunakan, terus awet tekstur kriuk ayam gorengnya bertahan, Bu.

3. Gunakan Putih Telur Kocok

Cara lainnya, Ibu dapat memakai putih telur yg dikocok lepas sebagai bahan adonan cair. Putih telur dapat membikin tepung lebih menempel pada ayam, maka kulit ayam goreng tepung yg Ibu buat nggak mudah lepas dari dagingnya. Sementara jikalau Ibu pakai telur ayam utuh, ayam goreng tepung Ibu justru dapat melempem dan nggak kriuk.
 

4. Pilih Jenis Tepung yg Tepat

Selain pakai putih telur alias air es, Ibu juga butuh memilih tipe tepung dan penyedap rasa ayam yg tepat. Sebagai rekomendasi, sebaiknya gunakan tepung terigu sebab dapat bikin kulit ayam lebih renyah. Jenis tepung yg butuh Ibu hindari merupakan tepung beras sebab hanya akan menawarkan tekstur renyah dikala baru matang. Kalau telah dingin, ayam goreng Ibu justru maka keras.

5. Lapisi Ayam dengan Adonan Cair-Kering Dua Kali

Kalau telah memilih tepung terigunya, saatnya bikin adonan cair dan kering. Adonan cair biasanya terbuat dari tepung terigu yg diencerkan, ditambah bumbu halus, dan penyedap rasa ayam. Sementara adonan kering biasanya hanya terdiri dari tepung terigu.

Nah, sebelum dicelupkan ke dalam minyak goreng segar yg telah panas, Ibu lumayan melapisi ayam dengan tepung sebanyak dua kali, ya. Pertama, lapisi dengan adonan cair, baru dibalut adonan kering. Dengan begitu, tepungnya nggak akan terlalu tebal dan menggumpal. Tepung yg terlalu tebal akan menyerap minyak lebih tidak sedikit dan bikin ayam goreng tepung Ibu alot dikala dingin.

Itulah tadi tips membuat ayam goreng yang renyah dan gurih. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu untuk teman-teman atau ibu-ibu yang membutuhkan informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *