Cara Mengelola Keuangan Untuk Guru

Posted on

 

1. Buat Rancangan Keuangan (Financial Planning)

Hal ini penting untuk mengendalikan keuangan dan mencapai tujuan bagi kawan guru. Dengan rancangan keuangan, kawan guru dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuannya di masa depan.

2. Catat Semua Pengaluaran

Bingung uang habis untuk apa saja? kawan guru bisa mencatatnya agar tau pengeluaran apa saja yang telah dibayarkan. Hal ini dapat membuat kawan guru semakin bijak dalam mengalokasikan anggaran keuangan.

3. Hindari Kredit
Gak asing yang namanya kredit?

Kredit memiliki 2 jenis yaitu kredit berbunga dan kredit tidak berbunga akan tetapi yang sering dijumpai yaitu kredit berbunga.

Agar keuangan lebih sehat, sebaiknya hidarilah kredit sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan, karena hal tersebut membuat kita akan memiliki banyak hutang nantinya.

4. Kurangi Tagihan Bulanan

Ketika kawan guru sudah membuat rancangan keuangan, kawan guru akan menemukan pola keuangan. Sehingga dari sana kawan guru dapat membuat keputusan terkait tagihan apa saja yang bisa diminimalisir untuk berhemat.

5. Mulai berinvestasi

Inventasi adalah upacaya menanamkan modal dan dana dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan (return) dimasa yang akan mendatang. Dengan berinvestasi bisa mendapat keutungan, seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan.

6. Terapkan metode 1 minggu sebelum membeli
Mau membeli sesuatu yang diingingkan atau dengan kata lain hidup hemat.

7. Tingkatkan tabungan pensiunan

Persiapan masa pensiun sejak umur 2o tahun, semakin dipersiapkan sejak dini semakin baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *